Saturday 16 March 2013

MAK COMBLANG ( CERPEN SERIES : PART 1)




Annyeonghaseyo readerdeul,, #hehehe nyoba make bahasa korea dikit lah. Kan gue seorang Kpop lovers :D. By the way anyway busway, kita intro alias perkenalan dulu ya. Kenalin, nama gue Shinta Novita S. ‘S’ yang belakang gag usah disebutin ya. Buat yang udah jadi temen gue pasti tau ‘S’ nya itu apa.  Dari lahir sampe gue SMP gue biasa dipanggil Shinta. Tapi di SMA  ini, gue biasa dipanggil Ochin, entah siapa yang mempopulerkan nama itu, gue lupa. Tapi gag papa lah, gak buruk-buruk amat juga. Gue anak kelas dua SMA. Sebenernya sekolah gue ini bukan SMA, tapi madrasah, tapi buat gampangnya dianggep SMA aje ya.
Nah, ini cerpen gue yang ke-... #entahlah gue lupa. Ini efek gara-gara kebanyakan punya cerpen, maklumlah gue kan calon penulis.hehehe. Cerpen gue itu banyak pake banget.  Cuma, kebanyakan ceritanya gag kelar dan gak jelas. Nah cerpen yang satu ini berasal dari mini drama yang gue bikin buat tugas ECC. Ini drama inggris lho aslinya, Cuma karena mungkin rada ribet kalo bikin cerpen dalam bahasa ingggris jadi gue translate ke dalam bahasa indonesia aja. Tapi maaf kalo bahasanya gag jelas, ancur dan gag sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar. Maklum nilai b. Indo gue gag terlalu baik alias sering remidi.
#Nama tokoh, tempat, dan cerita hanya karangan belaka. Apabila ada kesamaan, sungguh itu bukan suatu kesengajaan.#
Kebanyakan ngoceh deh ya gue, yaudah deh langsung aja yok ke ceritanya.
***************************************************************************
SMA Bintang adalah salah satu SMA terkenal di Bandung. Kebanyakan yang sekolah disini itu anak konglomerat. Murid-murid di SMA ini sangat keren-keren dan gaul abis. Salah satu dari murid-murid itu adalah gue, Shinta Ainaya Karisma. Keren kan nama gue. Gue biasa dipanggil Shinta. gue anak kelas dua –baca:sebelas-. Gue punya kemampuan lebih dalam hal “percomblangan” alias gue adalah mak comblang. Gue menekuni profesi ini sejak kelas satu.  Tapi karir gue menjadi sangat cemerlang di kelas 2.
Jadi, gue itu bisa dibilang peri penolong para fakir cinta yang  gak berani ngungkapin perasaannya ke orang yang disuka. Mereka Cuma berani liat orang yang disuka dari jauh, Histeris sendiri kalo liat gebetan,  dan marah-marah gag jelas kalo liat gebetannya dideketin ama orang lain. Ada juga fakir cinta yang selalu gagal alias ditolak cewek karena cara pedekate dan nembak nya kaga bener. Tapi, setelah dia konsultasi ke gue, dia jadi bisa pedekate dan nembak cewek dengan cara yang bener. Yah, itulah gue orang baik hati yang suka menolong kehidupan percintaan orang lain tapi nasib percintaannya sendiri masih gag jelas #Eh, stop. Ini gag boleh diteruskan#.
Kemampuan gue sebagai seorang mak comblang udah gag diragukan lagi. Semua pasien alias klien gue selalu berhasil.  Gue itu udah terkenal di seantero sekolahan ini. Mulai dari anak kelas satu, kelas dua sampe kelas tiga pernah jadi klien gue. Dan endingnya, selalu berhasil dong. Gue banyak melahirkan *eh busettt bahasanya* pasangan –pasangan yang caem caem.  Gue sie gag pernah minta imbalan ya atas jasa gue, Cuma karena klien gue itu orangnya pada kagak pelit, jadi mereka nraktir gue kalo mereka berhasil. Yang gag berhasil pun tetep nraktir gue.
 Ada klien gue yang gag berhasil,  namanya Soni. Dia, tergolong spesies dengan tampang gag gak terlalu bagus tapi anaknya baik dan ramah. Nah, cewek yang dia taksir adalah cewek terpopuler disekolah gue, namanya Ana. Dia cewek, cantik, ketua tim cheers. Dan yang paling penting, banyak yang suka ama dia. Dia tergolong orang yang susah buat deket ama cowok. Denger-denger sie dia itu trauma sama mantannya dulu. Dia sangat mencintai sang cowoknya dulu, tapi sang cowok malah ngehianatin dia. Sejak saat itu, dia jadi tertutup gitu buat cowok. Dan itu juga yang bikin dia nolak Soni. Selain karena tampang Soni yang kurang oke. Gue ngerasa karir gue sebagai mak comblang tercoreng dan Gue juga ngerasa gak enak ama Soni. Gue pun mencoba sekuat tenaga untuk membuka mata hati Ana.
Gue ngajak Ana ketemuaan di kafe. Gue ketemu ama dia. Gue yakinin dia, gue bilang gini. “An, meskipun tampangnya si Soni itu buruk, tapi hatinya baik dan gue yakin kalo Soni gag akan ngecewain Loe kaya mantan loe dulu. Soni akan dengan sepenuh hati mencintai, menyayangi dan menjaga hati loe. Di hati dia Cuma ada loe.” Ana terlihat mikir-mikir, dan setelah beberapa menit, dia bilang ke gue,” oke shin, gue akan coba buat nerima dia.” Sumpah demi apapun, itu kalimat paling melegakan yang pernah gue denger.#eh tunggu, kok kesannya kaya gue yang nembak Ana dan gue diterima ya?#Abaikan.
Langsung gue telpon si Soni, dan nyuruh dia ke kafe itu. Setelah dia dateng. Dia kaget. Dan loe tau gimana reaksinya sie Soni. Dia melongo, mulutnya menganga, matanya melotot kaya mau keluar itu bola mata karena liat Ana ada  disitu.#helloo please dech, loe itu lagi liat gebetan loe, kenapa kaya ngeliat setan sie?????????? Gag sadar apa muka uda jelek??.
Gue ngelihat Ana rada illfeel ama dia. Gue pun meninju tangannya agar dia segera sadar dari keterkagetannya. Dan alhamdulillah dia bisa sadar. Lalu gue bilang kedia, “bro, loe masih inget apa yang loe ucapin ke Ana waktu loe nembak dia kan?”. Dia hanya mengangguk masih dengan tampang bingungnya. “Sekarang, loe ulangin. Good luck, brother.” Gue pun meninggalkan mereka tapi tetep gue awasi dari meja lain.
Kelihatan banget mereka berdua kaya salah tingkah gituu. Lamaaaaaa mereka diem-dieman. Gue sampe sebel. Pengen rasanya gue samperin dan gue ancem mereka, “ Kalo loe gag jadian, gue bunuh loe berdua.” Tapi untungnya, akal sehat gue masih berfungsi. Gue pun gak jadi melakukan aksi gila itu. Karena mereka kelamaan, jadi cerita tentang mereka gue skip aja. Intinya, mereka berdua jadian. Dan gue dapet traktiran makan sekalian bungkus buat manusia-manusia tercinta di rumah. Hahaha. Lumayan lah. Dapet makanan gratis. Dan karir gue gag jadi tercoreng.
*************************************************************************
Karena saking terkenalnya gue sebagai mak comblang. Sampe ada temennya temen gue yang minta bantuan juga. Gila. Jadwal gue semakin padat.#alahhhh ini lebay. Gag terasa hari-hari berlalu begitu saja. Semakin hari semakin banyak pasangan yang tercipta. Sampe-sampe kaya semua murid gag ada yang jomblo. #ups, ada satu. Nih, si mak comblang masih jomblo aja.hehe.
Meskipun gue mak comblang yang super duper sibuk. Belajar tetep nomer satu dong. Alhamdulillah,  prestasi gue secemerlang karir gue sebagai mak comblang. Semester satu ini Gue bisa lah masuk Top Ten di kelas. Setelah test semester, disekolah gue selalu ada kegiatan yang namanya “classmeeting”. Biasanya classmeeting terselenggara selama satu minggu. Itu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu, yup kegiatannya seru banget soalnya. Ada kompetisi futsal, basket, nyanyi, band dan banyak lagi yang gak kalah serunya.
Gue ikut lomba basket putri, gue sie gag begitu jago. Tapi minimal, gue bisa lah. Ini waktunya kelas gue, Kelas XI Bahasa 3 tading lawan XI bahasa 4. Setelah melalui pertandingan yang sengit, akhirnya pertandingan ini kelas gue yang menangin. Setelah tanding, karena gerah, gue pun nyari angin ke taman belakang sekolah. Ini tempat asik banget. Gue duduk di bangku taman, dengan berpayung pohon maple.#gue sebenernya gag tau pohonnya itu berwujud seperti apa. Gue Cuma ngikut-ngikut aja nyebut pohon itu. Kayaknya bagus dech tuh pohon. Pohon itu sering banget disebut di fanfiction. Maklum, gue korban fanfiction.
Btw, gue kangen banget nyomblangin orang. Udah 2 minggu ini gue vakum dari karir percomblangan gue dikarenakan Ulangan. gue sengaja gag nerima job, karena gue mau fokus ke ulangan. dan bagusnya para calon klien gue  itu mau mengerti. Tapi kok sampe sekarang mereka belom dateng ya?. Apa mungkin mereka udah gag merluin gue? Terus gimana karir gue sebagai mak comblang? Gue jadi inget dulu waktu kelas satu, diwaktu classmeeting kaya gini banyak yang minta bantuan gue. Nah sekarang, mana????? Klien, kalian kemana???? Gue galau. Ditengah kegalauan gue, gue melihat secercah cahaya. Sebuah jawaban. Masih ada yang ngebutuhin gue. Karir gue belum hancur. Terima kasih ya Allah.#ala baim.
Jadi ya readers, yang gue liat dari tempat duduk yang gue dudukin ini adalah sepasang manusia. Laki-laki dan perempuan. Yang keduanya udah gak terlalu muda lagi. Kalo gue boleh nebak, yang cewek umurnya 23an, yang cowok umurnya 25an. Itu udah gag muda kan readers???? Oke, sebenernya dua orang itu adalah guru gue. Yang cowok namanya Pak Bisma. Beliau itu guru seni di sekolahan gue. Orang nya ganteng, kalo mau tau mukanya. Bayangin aja mukanya Bisma ‘SMASH’.Dan yang cewek namanya Bu Dinda. Beliau itu guru bahasa inggris disini. Beliau itu cantik, kalo mau bayangin. Bayangin aja wajah cantik Sandara Park nya ‘2NE1’.

*** TO *** BE *** CONTINUED***
Tunggu di part kedua nya ya. Gue capek ngetik soalnya. Annyeong  readers^^

No comments:

Post a Comment